Blogger Widgets oretan q: PARIWISATA DAN TEKNOLOGI
MASEANDI'S PERSONAL SITE

Senin, 01 April 2013

PARIWISATA DAN TEKNOLOGI


Pariwisata pada dasarnya adalah sebuah ekspresi dari naluri manusia alami untuk pengalaman, pendidikan dan hiburan. The motivations for tourism also include social, religious and business interests. Motivasi untuk wisata juga termasuk, agama dan bisnis kepentingan sosial. The economic consequences of this phenomenon are wide ranging.

Pariwisata menghasilkan pendapatan dan pekerjaan dalam penerimaan daerah wisata, baik itu negara, wilayah, kota atau desa. It makes the best use of resources which may not be used otherwise.Itu membuat penggunaan terbaik sumber daya yang tidak dapat digunakan sebaliknya. Pariwisata dapat, dengan demikian, menjadi instrumen yang efektif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi suata wilayah bahkan suatu negara.

Kaitannya Teknologi dan Pariwisata

Kebutuhan akan Informasi Pariwisata Travel is a basic human instinct.Perjalanan adalah naluri dasar manusia. Technological revolutions in the last few decades and the consequent changes in the social systems accelerated its intensity in the current century. revolusi teknologi dalam beberapa dekade terakhir dan perubahan konsekuen dalam sistem sosial dipercepat intensitasnya pada abad ini. Dengan demikian, pariwisata saat ini fenomena massa yang melibatkan setiap manusia di dunia.They need detailed information about each place they intend to visit. The specific elements of such information needs are : Mereka membutuhkan informasi rinci tentang masing-masing tempat, yang mereka ingin kunjungi. Unsur-unsur informasi tersebut  seperti kebutuhan:
1.     Geografis informasi tentang lokasi, lanskap iklim, dll.
2.     Atraksi fitur.
3.     Sosial adat, budaya dan fitur khusus lainnya dari tempat itu .
4.     Aksesibilitas meskipun udara, kereta api dan jalan air dan ketersediaan sarana  transportasi dijadwalkan.
5.     Akomodasi, restoran dan fasilitas perbelanjaan.
6.     Kegiatan dan fasilitas hiburan.
7.     Musim kunjungan dan fitur unik lainnya.
8.     Kualitas fasilitas dan harga standar mereka termasuk kurs .
9.     Masuk dan keluar formalitas dan pembatasan jika ada pada wisatawan, dll.

Penerapan Teknologi Informasi di Dunia Pariwisata

Sampai saat ini kita telah mengenal beberapa lokasi wisata dari sumber-sumber dasar informasi di sektor pariwisata, misalkan: pamflet, brosur, direktori, buku panduan, dll yang diproduksi dan diterbitkan oleh beberapa media, khususnya pengelola wisata setempat. Sumber-sumber ini berlaku bahkan sampai hari ini, meskipun mereka adalah cara yang paling efisien informasi.
The last few decades witnessed the application of computer and communication technologies in the field of tourism. Beberapa dekade terakhir menyaksikan penerapan dan komunikasi teknologi komputer di bidang pariwisata. Two distinct streams of information sources viz, (i) online and (ii) offline came into existence. Dua yang berbeda aliran yaitu sumber informasi, (i) online dan (ii) offline datang menjadi ada. Databases containing information about places, tourist attractions and facilities became available for online access in several countries. Database berisi informasi tentang tempat-tempat, tempat-tempat wisata dan fasilitas menjadi tersedia untuk akses online di beberapa lokasi wisata di berbagai negara. The emergence of computerised reservations system (CRS) like Galileo, Amadeus, Sabre, PARS, JALCOM, QAMTAM and ABASUS, etc. opened up a new source of online information on tourism and are being expanded continuously. Sejak munculnya sistem reservasi terkomputerisasi,secara bertahap maka dapat membuka sumber informasi baru online pada pariwisata dan sedang dikembangkan terus menerus. The latest sources of online information is INTERNET which contains some pages on most of the tourist destinations in the world. Sumber terbaru informasi online adalah Website yang berisi beberapa halaman pada sebagian besar tujuan wisata di berbagai wilayah. Nah….untuk kali ini kita akan membahas sedikit tentang informasi Online tersebut.(Website)
Pemanfaatan Internet di dunia Pariwisata dalam bentuk Website/Portal sangatlah beragam, mulai dari sekedar pemberian layanan Informasi, sampai layanan yang lebih komplek, ex: reservasi Online,(hotel,paket wisata, transportasi, dll), sistem pembayaran Online, pengelolaan data base pariwisata suatu wilayah/daerah, serta proses interaksi dan transaksi lainya……
Manfaat Internet bagi Pariwisata ,  antara lain;………………………..
1.     Komunikasi tidak mengenal batas ruang dan waktu..
2.     Akses yang mudah karena dapat dilakukan di rumah.
3.     Menyediakan Informasi se-detail mungkin.
4.     Jangkauan sangat luas keseluruh dunia dan murah.
5.     Melawan “ Bad Publicity”..tentang suatu wilayah/negara.
6.     Menambah kredibilitas suatu organisasi, karena telah memiliki e-mail & website.\

Example:
­
ontoh web yang kami ambil dari www.kratonjogja.com mereka sudah menggunakan web yang baik untuk pariwisata mereka. Dan juga informasi yang mereka sajikan seperti di bawah ini ternyata bukan Cuma kraton yang di muat di dalam web ini termasuk Malioboro, Kasongan, Alat Transportasi di Jogja. Semua itu ada di web ini jadi kita tinggal mengakses halaman web ini kita sudah bisa melihat budaya yang ada di jogja secara keseluruhan.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah satu-satunya keraton di Nusantara yang pemerintahannya masih berjalan hingga kita, Rajanya Sri Sultan Hamengkubuwono dan untuk saat ini adalah yang ke sepuluh. Seiring modernisasi dan perkembangan arus informasi, ternyata Keraton yang dalam konteksnya tetap memegang kultur dan budaya yang agung dengan tradisi yang masih dilestarikan, memiliki situs yang bisa diakses oleh setiap orang dimana dalam situs tersebut disajikan tampilan yang sederhana dan disajikan dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia) sehingga mempermudah kita untuk mencari informasi tentang Keraton dan segala sesuatu tentang Yogyakarta. Pada Situs ini disajikan tentang:
1.     Cagar Budaya yang dalam sajiannya menjelaskan tentang beberapa tempat bersejarah di lingkungan Keraton dan beberapa tempat lainnya yang ada keterkaitannya dengan keraton, seperti Tamansari, Jeron Beteng, Museum Sonobodoyo, Dalem Joyokusuman, Dalem Pakuningratan, Dalem Yudonegaran, Dalem Kaneman, dan Dalem Suryaputran, adalah beberapa tempat yang menyimpan momen-momen bersejarah Kraton Jogja.
2.     Kuliner menu ini memberikan gambaran tentang masakan tradisional dan tempat-tempat jajan di Yogya, ada Gudeg Jogja; Nasi Blawong kesukaan raja-raja Kraton, Gethuk, Klepon, Geplak, yang tersedia dipasar tradisional seperti Gadri Resto, Bale Raos, Pasar Ngasem.
3.     Workshop & Artshop, kita akan dimanjakan dengan berbagai informasi kerajinan batik, kerajinan wayang, perak dan tempat belanjanya sekalian.
4.     Komunitas Seni di Kraton Yogjakarta yang mencerminkan keaslian jiwa budaya kota ini diwakili yayasan Siswo Among Bekso dan Candra Laras.
5.     Lain-lain ditambah lagi dengan informasi yang menceritakan tentang Malioboro, Kasongan, Alat Transportasi di Jogja.
6.     Akomodasi kita akan terbantu dengan adanya informasi tentang Terminal, Bandara, Stasiun, Taksi yang lengkap dengan No. Telpnya.
7.     Tip & Trik pada menu ini diberikan tip dan trik agar kita aman dan nyaman selama di Jogja, seperti bagaimana kita bisa berbelanja murah di Malioboro, Kasongan atau Pasar Beringharjo.
8.     Buku Tamu sekedar saran dan kesan yang ingin kita sampaikan pada pengelola.
9.     Galeri Foto beberapa foto yang memberikan gambaran tentang suasan Keraton dan kegiatannya.
10. Peta Wisata untuk dapat menggambarkan suasana dan rencana perjalannan
Tentunya kita bisa klik di peta wisata ini. Website yg di kelola oleh KKN Tematik UGM ini launching sejak 2006 dan pada situs ini juga memberikan informasi tentang Produk Dagadu juga ada beberap yang lain sperti telkomsel; www.bandit.com yg merupakan situs salah satu radio di Yogya; serta Air Mancur dan SGM Sari Husada, nah.. .. sebelum pergi ke Yogya.. silakan masuk di http://www.kratonjogja.com.
Selesai.......Thank for all...(matur suwun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar