z
Bekasi, Desember
2012
ANALISA SISTEM ABSENSI KARYAWAN OUTSOURCING
PT.SUZUKI INDOMOBIL MOTOR
PLANT TAMBUN II
BEKASI
LAPORAN
KULIAH KERJA PRAKTEK
Diajukan untuk
memenuhi mata kuliah KKP pada Program Diploma III
Andiyanto
NIM:12103524
Jurusan
Manajemen Informatika
Akademi
Manajemen dan Komputer Bina Saran Informatika
(
Bekasi )
2012
PERSETUJUAN DAN
PENGESAHAN KULIAH KERJA PRAKTEK
Kuliah Kerja Praktek ini telah disetujui dan disahkan serta diizinkan
untuk dinilai pada periode : Tahun Akademik 2012/2013 di Semester Lima.
DOSEN PENASEHAT AKADEMIK
12.5L.04
Aji Sumandito
PENILAIAN
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK
Kuliah
Kerja Praktek ini telah di nilai pada tanggal …………
PENILAI
( ….................................... )
Saran-saran dari Penilai:
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
KATA PENGANTAR
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Dengan mengucapkan syukur
Alhamdulillah kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karuniaNya, sehingga
pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas laporan kuliah kerja praktek
ini dengan baik di mana tugas laporan kuliah kerja praktek ini penulis saijikan
dalam bentuk buku yang sederhana,adapun judul penulisan laporan kuliah kerja
praktek yang penulis ambil adalah :
ANALISA SISTEM ABSENSI KARYAWAN OUTSOURCING
PT.SUZUKI INDOMOBIL MOTOR
PLANT TAMBUN II
BEKASI
Maksud dari penulisan ini adalah untuk memenuhi salah satu mata kuliah
Kuliah Kerja Praktek dan sebagai syarat untuk dapat mengikuti Tugas Akhir.
Penulis sadar bahwa penulisan laporan
ini masih jauh dari kesempurnaan, baik secarah alamiah maupun secara tehnik,
oleh karena itu penulis sangat
mengharapkan adanya kritikan dan saran yang bersifat membangun, sebagai bahan
pertimbangan bagi penulis di masa mendatang.
Pada kesempatan ini pula, penulis ingin
mengucapkan terimah kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan
baik secara moril maupun material dalam menyelesaikan Kuliah Kerja Praktek ini
terutama kepada :
1. Bapak
Ir. Naba Aji Notoseputro selaku Direktur AMIK BSI.
2. Bapak
Mochamad Wahyudi, S.Kom MM selaku Pudir I Bidang Akademik BSI.
3. Bapak
H. Ahmad Ishaq, S. Kom selaku ketua Jurusan Manajemen Informatika AMIK BSI.
4. Bapak
Aji Sentoso selaku Dosen Penasehat Akademik AMK BSI Kelas 12.5L.04.
5. Staff
/ Karyawan/ Dosen di lingkungan AMIK BSI.
6. Bapak
Bakti Prasetyo,Bapak Maman R., Serta Bapak subekhi Selaku staff HRD PT SUZUKI INDOMOBIL MOTOR
PLANT TAMBUN II
7. Bapak
Priyo Kurnianto selaku Manajer HRD PT
SUZUKI INDOMOBIL MOTOR PLANT TAMBUN II .
8. Orang
Tua dan seluruh keluarga tercinta yang telah memberi dorongan
Moril maupun spirituil
kepada penulis.
9. Serta
rekan-rekan sejawat dan seperjuangan Kelas MI Semester 5 khususnya kelas
12.5L.04.
Serta
semua pihak yang terlalu banyak untuk disebut satu persatu sehingga terwujudnya
penulisan ini. Penulis optimis dengan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek
ini dapat memberikan motivasi serta pengetahuan juga wawasan yang lebih luas
demi kamajuan penulis kedepan, penulis mengharap kritik dan saran yang
bertujuan membangun. Semoga dengan selesainya penulisan laporan ini dapat
berguna dan bermanfaat bagi pembaca yang berniat pada umumnya dan bagi penulis
khususnya, amin ya robbal alamin.
|
DAFTAR
ISI
Lembar
Judul Kuliah Kerja Praktek ................................................................................ i
Lembar
Persetujuan dan Pengesahan Kuliah Kerja Praktek.............................................
ii
Lembar
Penilai Laporan Kuliah Kerja Praktek................................................................
iii
Kata
Pengantar................................................................................................................
iv
Daftar
isi.......................................................................................................................... vii
Daftar
Simbol................................................................................................................... ix
Daftar
Gambar................................................................................................................... x
Daftar
Tabel.....................................................................................................................
xi
Daftar
Lampiran.............................................................................................................
xii
BAB I PENDAHULUAN..............................................................................................
1
1.1
Umum.............................................................................................................
1
1.2
Maksud dan Tujuan........................................................................................
2
1.3
Metode Penelitian...........................................................................................
2
1.4
Ruang Lingkup...............................................................................................
3
1.5
Sistematika Penulisan.....................................................................................
4
BAB II LANDASAN TEORI.......................................................................................
6
2.1
Pengertian Sistem
Informasi...........................................................................
6
2.2
Alat pengembangan Sistem..........................................................................
16
2.3
Pengertian Absensi.......................................................................................
19
2.4
Jenis-jenis Sistem
Biometric.........................................................................
20
2.5
Pengertian Oracle System............................................................................
24
BAB III ANALISA
SISTEM BERJALAN...............................................................
26
3.1
Umum...........................................................................................................
26
3.2
Tijauan Perusahaan.......................................................................................
27
3.2.1 Sejarah Perusahaan..........................................................................
27
3.2.2 Struktur Organisasi..........................................................................
30
3.2.3 Diskripsi Kerja.................................................................................
34
3.3
Prosedur Sistem Berjalan.............................................................................
38
3.4
Diagram Alir Data.......................................................................................
39
3.4.1 Diagram kontek...............................................................................
40
3.4.2 Diagram Level 1.............................................................................
41
3.4.3 Diagram Level 2..............................................................................
42
3.5
Kamus Data................................................................................................... 43
3.6
Spesifikasi Sistem
Berjalan...........................................................................
44
3.7
Spesifikasi Sistem
komputer.........................................................................
46
3.8
Permasalahan Pokok.....................................................................................
46
3.9
Alternatif Pemecahan
Masalah.....................................................................
47
BAB IV PENUTUP.....................................................................................................
48
4.1.
Kesimpulan...................................................................................................
48
4.2.
Saran.............................................................................................................
49
Daftar Pustaka................................................................................................................
50
Daftar Riwayat Hidup....................................................................................................
51
Lampiran.........................................................................................................................
52
A.1 Surat
persetujuan Riset ................................................................................... 52
A.2 Surat
Keterangan Riset ................................................................................... 53
B.1 Form
Permohonan Cuti Panjang ..................................................................... 54
B.2 Form
Permohonan Cuti ................................................................................... 55
B.3 Surat Ijin ......................................................................................................... 56
DAFTAR
SIMBOL
Simbol
Data Flow Diagram (DFD)/Diagram Alir Data
EXTERNAL
ENTITY
Simbol yang
menggambarkan suatu
sumber atau tujuan pada arus data.
DATA FLOW
Simbol yang menggambarkan suatu arus data..
PROCESS
Simbol
yang menggambarkan suatu proses yang sedang berlangsung.
DATA STORE
Simbol
yang menggambarkan suatu tempat untuk menyimpan dan mengambil.
DAFTAR GAMBAR
1.
Gambar II.1 Pilar-pilar
Informasi yang Berguna ............................................... 14
2.
Gambar II.2 Detail Komponen
SI......................................................................
15
3.
Gambar II.3 Contoh Input
Sidik Jari.................................................................
20
4.
Gambar III.1Struktur
Organisasi PT. SIM.........................................................
33
5.
Gambar III.2 Diagram
Konteks.........................................................................
40
6.
Gambar III.3 Diagram Level
1...........................................................................
41
7.
Gambar III.4 Diagram Level
2...........................................................................
42
DAFTAR TABEL
1.
Tabel II.1 Simbol Kamus
Data ......................................................................... 19
2.
Tabel III.1 Jam kerja PT.
SIM .......................................................................... 35
DAFTAR LAMPIRAN
1.
A.1 Surat Persetujuan
Riset .................................................................................. 52
2.
A.2 Surat Keterangan Riset...................................................................................
53
3.
B.1 Form Permohonan Cuti
Panjang......................................................................
54
4.
B.2 Permohonan Cuti.............................................................................................
55
5.
B.3 Surat Ijin..........................................................................................................
56
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Umum
Sejalan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi (IPTEK) dan informasi di era
globalisasi mendorong semua aktivitas, khususnya aktivitas dalam
perusahaan-perusahaan. Perusahaan
dituntut untuk dapat bersaing didalam perdagangan internasional. Pada umumnya
perusahaan yang bergerak dibidang
produksi, distribusi, pendidikan, jasa dan bidang lainnya tidak lepas
dari problematika manajemen. Perubahaan
struktur pasar, produk, teknologi produksi, teknologi informasi, organisasi dan
yang lainnya terus terjadi sehingga berpengaruh pada kebijaksanaan manajemen yang dijalankan. Salah satu kiat yang paling mendasar untuk
menyiasati problematika tersebut adalah dengan mengembangkan dan meningkatkan
sistem informasi absensi karyawan.
Oleh karena itu, sistem informasi absensi karyawan
yang tepat sangat diperlukan. Sistem
informasi absensi merupakan suatu pendekatan strategis terhadap peningkatan
kinerja suatu perusahaan. Absensi karyawan dapat dicatat, diolah dan
dipresentasikan di dalam suatu sistem absensi karyawan. Sistem absensi yang
dilakukan secara manual memiliki berbagai keterbatasan dan kelemahan, salah
satu diantaranya adalah masalah pemalsuan daftar kehadiran. Jika semakin tinggi tingkat pemalsuan daftar
kehadiran maka dapat dipastikan kinerja perusahaan akan mengalami penurunan.
Untuk itu sangat diperlukan sebuah sistem informasi absensi yang efektif yang tidak memisahkan antara manusia,
sarana prasarana dan sistem manajemen
secara keseluruhan agar mencapai tujuan organisasi.
Berdasarkan uraian diatas menunjukkan bahwa masalah absensi karyawan
merupakan suatu masalah yang penting serta memiliki pengaruh didalam kinerja
perusahaan. Adapun judul yang
dikemukakan dalam laporan KKP ini adalah “
Analisa Sistem Absensi Karyawan Outsourcing PT. Suzuki Indomobil Motor plant
Tambun II Bekasi “
1.2
Maksud dan Tujuan Penulisan Laporan
Adapun
maksud penulisan laporan KKP ini adalah
1. Mampu mengenal Sistem Informasi dan Manajemen pada
suatu perusahaan
2. Menerapkan
dan mempraktekkan ilmu pengetahuan yang didapat selama perkuliahan
Sedangkan
tujuan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini adalah untuk memenuhi mata kuliah di
Semester 5 Jurusan Manajemen Informatika
AMIK Bina Sarana Informatika.
1.3
Metode
Penelitian
Dalam rangka pengumpulan data yang diperlukan dalam penulisan Laporan Kuliah
Kerja Praktek Penulis menggunakan
beberapa metode, diantaranya adalah :
a)
Metode Observasi
Penulis
melakukan pengamatan dan penelitian terhadap kegiatan secara langsung terhadap
obyek di lapangan
b)
Metode Wawancara
Penulis
melakukan suatu tanya jawab mengenai semua kegiatan yang berhubungan dengan
absensi karyawan
c)
Metode Studi Pustaka
Selain
melakukan kegiatan tersebt di atas penulis juga melakukan studi kepustakaan
melalui referensi-referensi yang ada di perpustakaan ataupun dari luar.
d)
Metode browsing
Penulis
juga melakukan metode browsing atau serching file-file contoh KKP sebagai
referensi.
1.4
Ruang
Lingkup
Sistem
Informasi Absensi karyawan ini hanya
menangani input dariseseorang yang bersangkutan (Karyawan Outsourcing) yang
mana telah terdaftar dalam database Informasi Absensi, perancangan sistem
dikhususkan prosesnya hanya untuk proses absensi yang menggunakan alat dan
laporan yang disajikan
menampilkan laporan yang berhubungan dengan proses absensi.
1.5
Sistematikan
Penulisan
Untuk
mengklasifikasikan pembahasan masalah dan untuk mempermudah pembaca
mempelajarinya maka penulis mengklasifikasikan sistematika penulisan yaitu
terdiri dari enam bab yang
masing-masing bab adalah sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan diuraian tentang latar belakang
masalah, maksud dan tujuan penulisan skripsi, identifikasi masalah, batasan
masalah, metode pengumpulan data, maksud dan tujuan penelitian dan sistematika
penulisan
BAB I I LANDASAN
TEORI
Dalam bab ini akan diuraikan tentang teori yang melandasi
setiap analisis yang disajikan, serta literatur yang memiliki kaitan dengan
masalah yang akan diteliti dengan membandingkannya dengan kenyataanya yang ada
dilapangan
BAB III ANALISA
SISTEM BERJALAN
Bab ini akan menjelaskan mengenai sejarah singkat
berdirinya perusahaan, struktur organisasi dan fungsinya, prosedur sistem
berjalan, Diagram Alir Data (DAD), kamus data, spesifikasi sistem berjalan yang
terdiri dari bentuk dokumen masukan ( input ) dan keluaran ( output
), permasalahan dan alternatif pemecahan masalah.
BAB IV PENUTUP
Pada bab ini penulis mengemukakan
beberapa kesimpulan dan saran-saran yang berkaitan dengan system berjalan pada
Absensi ( Karyawan outsourcing ) khususnya di PT. Suzuki Indomobil Motor Plant
Tambun II Bekasi.
BAB
II
LANDASAN TEORI
2.1
Pengertian Sistem Informasi
Sebelum menjelaskan pengertian
Sistem informasi itu sendiri, sistem informasi terdiri dari dua kata yaitu sistem dan informasi. Sistem dapat didefinisikan dengan dua
pendekatan yaitu pendekatan sistem yang menekankan pada prosedur dan pendekatan
sistem yang menekankan pada komponen atau elemennya. Menurut Jer [5] dalam buku Fundamental Of
System Analysis (Jogiyanto HM, 1990) memberikan defenisi sistem yang
menekankan pada prosedurnya sebagai berikut :
“Suatu sistem adalah suatu jaringan
kerja dari prosedural yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk
melakukan suatu sasaran tertentu. “
Sedangkan dalam buku Jog [2] yang berjudul Analisis & Desain Sistem
Informasi, Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis (1:1995)
didefinisikan sebagai berikut:
“Suatu prosedur adalah urut-urutan
yang tepat dari tahap-tahapan instruksi yang menerangkan apa(what) yang harus
dikerjakan, siapa(who) yang mengerjakannya, kapan(when) dikerjakan dan
bagaimana mengerjakannya”.
Definisi sistem yang menekankan pada Komponen atau
elemen dalam buku Fundamental
Of System Analysis Jog [3] memberikan defenisi sebagai berikut:
“Kumpulan
komponen yang saling berkaitan dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan
tertentu”.
Dari
dua pendekatan tersebut, semuanya benar dan tidak bertentangan satu sama lain,
hanya saja cara pendekatannya yang berbeda.
Pendekatan yang merupakan kumpulan dari komponen atau elemen merupakan
defenisi yang lebih luas dan lebih banyak diterima karena pada kenyataanya
suatu sistem tidak dapat berdiri sendiri, dimana komponen tersebut saling
berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga sasaran
dan tujuan tersebut dapat dicapai.
Sistem dikatakan berhasil bila sasaran atau tujuannya tercapai.
Sistem harus memiliki
minimal tiga elemen utama, yaitu :
1.
Input (masukan)
Input
atau masukan menurut Jog [2] adalah :
Energi
yang dimasukkan kedalam sistem. Masukan
dapat berupa masukan perawatan(maintenace input) dan masukan sinyal (sinyal
input). Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut
dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan
keluaran.
Contoh :
didalam sistem komputer, program adalah maintenance input yang digunakan
untuk mengoperasikan komputer, sedangkan data adalah sinyal input yang
diperlukan untuk menghasilkan informasi.
2.
Pemroses (pengolah)
Pemrosesan merupakan bagian
sistem yang akan mengubah masukan menjadi keluaran
3.
Output (keluaran)
Output yaitu hasil dari energi
yang diolah dan menjadi sesuatu yang berguna bagi pihak tertenttu
4.
Umpan balik (kontrol)
Umpan
balik yaitu pengendali sistem yang memperbaiki kinerja sistem secara kontinyu
Sistem dapat diklasifikasikan menjadi :
1.
Sistem abstrak
(Abstract system) dan sistem fisik (Phisical System) Sistem
abstrak adalah” sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak
secara fisik. Contoh : Sistem teologia.
Sedangkan sistem fisik adalah sistem yang ada secara fisik. Contoh :
Sistem Komputer.
2.
Sistem
alamiah (Natural System) dan sistem buatan manusia (Human Made
System)
Sistem alamiah adalah
sistem yang terjadi melalui proses alam dan tidak dibuat manusia. Contoh :
Sistem Rotasi Bumi. Sedangkan sistem
buatan manusia adalah sistem yang
dirancang oleh manusia dan melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin.
Contoh : Sistem Informasi
3. Sistem
tertentu (Deterministic System) dan sistem tak tentu (Probabilistic System) Sistem tertentu beroperasi
dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi, interaksi diantara
bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti sehingga keluarannya dapat
diramalkan. Contoh : Sistem Komputer melalui Program. Sistem tak Tentu adalah “sistem yang kondisi
masa depannya tidak dapat diprediksi dengan tepat karena mengandung unsur
probabilitas”.
4.
Sistem tertutup(Closed System) dan sistem
terbuka (open System)Sistem tertutup adalah sistem yang tidak
berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Kenyataannya tidak
ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanya relatively closed
system. Sistem terbuka merupakan sistem
yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan
Suatu sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu :
a)
Komponen (component)
Terdiri dari sejumlah komponen yang saling
berinteraksi, dan bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Komponen-komponen dapat terdiri dari
beberapa subsistem atau subbagian, setiap subsistem tersebut memiliki fungsi
khusus dan akan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
b)
Batas sistem (boundary)
Daerah yang membatasi
suatu sistem dengan sistem lainnya atau dengan lingkungannya. Batas sistem ini memungkunkan suatu sistem
dipandang sebagai satu kesatuan. Batas
sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.
c)
Linkungan luar
sistem (enviroment)
Hal
apapun yang terdapat diluar batas sistem
yang mempengaruhi operasi sistem.
Lingkungan luar dapat bersipat menguntungkan dan merugikan harus ditahan
dan dikendalikan, jika diinginkan kelangsungan hidup hidup yang tak terganggu.
d)
Penghubung (interface)
Media penghubung antar
subsistem yang memungkinkan sumber-sumber daya mengalir diantara subsistem.
e)
Masukan (input)
Energi yang dimasukkan kedalam sistem.
f)
Keluaran (output)
Hasil dari energi yang
diolah dan menjadi sesuatu yang berguna bagi pihak tertentu.
g)
Pengolah (processor)
Bagian sistem yang akan
mengubah masukan menjadi keluaran.
h)
Sasaran (objective) atau tujuan (goals)
Sasaran dari sistem sangat
menentukan masukan dan keluaran yang dibutuhkan sistem. Sistem dikatakn berhasil jika mengenai sasaran
atau tujuannya.
Informasi menurut Jog [2] adalah
“informasi adalah data yang
sudah diolah menjadi bentuk yang lebih
bergunadan lebih berarti bagi yang menerimanya”.
Sumber dari
informasi adalah data. Data merupakan
bentuk dari bentuk tunggal data-item.
Data merupakan bentuk yang belum dapat memberikan manfaat yang lebih
besar bagi penerimanya, sehingga perlu
suatu model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan
informasi. Pengolahan Data adalah masa waktu yang digunakan untuk
mendeskripsikan perubahan
bentuk data menjadi informasi yang memiliki kegunaan.Operasi yang dilakukan
dalam pengolahan data diantaranya :
1) Data Input
o Recording
transaction data ke sebuah pengolahan data medium.
o Coding transaction data ke dalam bentuk lain.
o Stroring data or information untuk pengambilan keputusan.
2)
Data
transformation
o Calculating yaitu proses
operasi aritmatik terhadap data field.
o Summarizing yaitu proses akumulasi beberapa data.
o Classifying yaitu mencakup categorizing, sorting, merging dan matching.
3)
Information
output
o Displaying result yaitu menampilkan informasi yang dibutuhkan pemakai melalui monitor atau
cetakan.
o Reproducing yaitu penyimpanan data yang digunakan untuk pemakai lain yang
membutuhkan.
o Telecomunicating yaitu penyimpanan data secara elektronik melalui saluran komunikasi.
Kualitas Informasi (quality of information)
sangat dipengaruhi atau tergantung pada tiga hal, yaitu :
1)
Relevan (relevancy)
Dimana informasi harus memberikan manfaat bagi pemakainya.
2)
Akurat
Informasi harus bebas dari
kesalahan-kesalahan, tidak menyesatkan juga harus jelas mencerminkan maksudnya.
3)
Tepat waktu (timelines)
Informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan tidak boleh terlambat.
Tindak lanjut
informasi terdiri dari :
-
Komunikasi
-
Penyimpanan (back up data)
-
Penemuan Kendali
-
Reproduksi
Nilai dari
informasi (value of information) ditentukan oleh dua hal, yaitu :
1.
Manfaat (use)
2.
Biaya (cost)
mendapatkanya
Berdasarkan
tingkat manajemen, informasi dapat dikelompokkan berdasar penggunanya, yaitu:
1)
Informasi
Strategis
Digunakan untuk
mengambil keputusan jangka panjang, mencakup informasi eksternal (tindakan
pesaing, langganan), rencana perluasan perusahaan, informasi tidak terstruktur
dan informasi tidak terprogram
2)
Informasi Taktis
Digunakan untuk
mengambil keputusan jangka menengah, mencakup informasi trend penjualan yang
dapat dipakai untuk menyusun rencana-rencana penjualan.
3) Informasi Teknis
Digunakan untuk keperluan
operasional sehari-hari,mencakup informasi persediaan stock, retur penjualan
dan laporan kas harian (terstruktur dan terprogram).
Setelah
mengetahui pengertian sistem dan
informasi dari penjelasan sebelumnya maka Sistem Informasi dapat didefinisikan dengan dua pendekatan
1.
Pendekatan komponen
Suatu sistem yang dibuat oleh
manusis yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi unruk mencapai
suatu tujuan yaitu menyajikan informasi.
2.
Pendekatan prosedur
Sekumpulan prosedur organisasi yang
pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan
atau untuk mengendalikan organisasi.
Sistem informasi menurut Rob [11] adalah :
“Sistem
Informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial
dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu
dengan laporan-laporan yang diperlukan”.
Tujuan
Sistem Informasi adalah menghasilkan informasi (information)
administrasi data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya.
Untuk dapat berguna maka informasi harus didukung
oleh tiga pilar yaitu:
§ Tepat kepada orangnya atau relevan (relevance).
§ Tepat
waktu (timeliness).
§ Tepat
nilainya atau akurat (accurate).
|
Gambar II.1
Pilar-pilar Informasi yang Berguna
[Sumber : JOG[2]]
Komponen-komponen
sistem Informasi terdiri dari 6 yaitu:
1.
Komponen Input atau Komponen Masukan
2.
Komponen Model
3.
Komponen Output atau Komponen Keluaran
4.
Komponen Teknologi
5.
Komponen Basis Data
6.
Komponen Kontrol atau Komponen Pengendalian
Keenam
komponen ini harus ada bersama-sama dan membentuk satu kesatuan. Jika salah satu atau lebih komponen tersebut
tidak ada, maka sistem informasi tersebut tidak akan dapat melakukan fungsinya,
yaitu pengolahan data dan tidak akan mencapai tujuannya. Tujuan yang dimaksud yaitu menghasilkan
informasi yang relevan, tepat waktu dan akurat.
User User
Input
Model
Output
User
User
Teknologi Basis Data Kendali
User
User
Gambar II.2
Detail Komponen SI atau Blok SI yang berinteraksi
[Sumber : John burch, Gari gruanitski ]
Kegiatan
Sistem Informasi diantaranya :
1. Input
Menggambarkan
suatu kegiatan untuk menyediakan data untuk
diproses.
2. Proses
Mengambarkan bagaimana suatu data
diproses untuk menghasilkan suatu informasi yang bernilai tambah.
3. Output
Suatu kegiatan untuk menghasilkan laporan dari
proses diatas tersebut.
4. Penyimpanan
Suatu kegiatan untuk memelihara dan menyimpan data.
5. Control
Suatu
aktivitas untuk menjamin bahwa sistem informasi tersebut berjalan sesuai yang
diharapkan.
2.2
Alat Pengembangan Sistem
Data
flow diagram (diagram arus data)
1.
Dara Flow
Diagram (diagram arus data)
DAD
adalah alat yang digunakan pada metodeogi pengembangan terstruktur. Fungsinya untuk menggambarkan sistem yang
sedang berjalan atau sistem baru yang akan dikembangkan. Syarat utama DAD adalah dapat digambarkan
dengan baik dan jelas, pemberian nama beserta komponen lainnya harus konsisten,
nama proses didefinisikan dengan kata kerja dan nama aliran data dengan kata
benda. Simbol yang digunakan dalam DAD terdiri dari 4 diantaranya:
1) Menggambarkan
kesatuan luar (external entity)
External entity
merupakan batasan yang memisahkan suatu sistem dengan lingkungan luarnya. Sistem akan meminta input dan menghasilkan
output kepada lingkungan luarnya.
External entity dapat berupa :
-
Suatu
kantor,departemen, diisi diluar sistem yang dikembangkan.
-
Orang atau sekelompok
orang di organisasi tetapi diluar sistem yang dikembangkan.
-
Suatu organisasi atau
organisasi diluar organisasi
-
Sistem informasi yang
lain
-
Penerima akhir laporan
2)
Proses
Merupakan
suatu kegiatan yang dilakukan oleh
orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk kedalam
proses. Untuk Phisical Data Flow
Diagram (PDFD), proses dapat dilakukan oleh orang, mesin, atau
komputer. Sedangkan unruk Logical
Data Flow Diagram (LDFD), suatu proses hanya menunjukkan proses dari
komputer. Suatu proses dapat
ditunjukkan dengan simbol lingkaran atau simbol empat persegi panjang tegak
dengan sudut-sudutnya tumpul.
3)
Data Flow
(arus data)
Arus
data di DAD diberi simbol suatu panah. Arus data menggambarkan arus data yang mengalir
diantara proses, tempat penyimpanan data dan kesatuan luar. Arus data dapat
berupa :
-
Formulir atau dokumen
-
Laporan tercetak
-
Tampilan dilayar
-
Surat-surat atau memo
-
Data yang dibuat atau
direkam
4)
Data store
(simpana data)
Digunakan
untuk menyimpan data hasil proses maupun menyediakan data untuk diproses. Simpanan data dapat berupa :
-
File database di sistem
komputer
-
Arsip atau catatan
manual
-
Tabel acuan manual
-
Agenda atau buku
2.
Entity
relationship diagram
(ERD)
ERD adalah model konseptual yang menjelaskan
hubungan antar penyimpanan (dalam DAD).
Digunakan untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, karena
hal ini relatif kompleks. Dengan ERD
kita dapat menguji model dengan mengabaikan proses yang harus dilakukan, dapat
mencoba menjawab pertanyaan seperti : data apa yang kita perlukan?, bagaimana
data yang satu berhubungan dengan data yang lain?. ERD menggunakan sejumlah notasi dan simbol
untuk menggambarkan struktur dan hubungan antar data .
3.
Data dictionary (kamus data)
Kamus data adalah
mendefenisikan elemen data dengan fungsi sebagai berikut:
1)
Menjelaskan arti aliran
data dan penyimpanan dalam DAD
2)
Mendeskripsikan
komposisi paket data yang bergerak melalui aliran misalnya alamat diuraikan
menjadi kota, negara dan kode pos
3)
Mendeskripsikan
komposisi penyimpanan data
4)
Menspesifikasikan nilai
dan satuan yang relevan bagi penyimpanan dan aliran
5)
Mendeskripsikan
hubungan detil antara penyimpanan yang akan menjadi tiitik perhatian dalam ERD
No.
|
Simbol
|
Keterangan
|
1.
|
=
|
Terdiri dari, mendefenisikan,
diuraikan menjadi, artinya.
|
2.
|
+
|
Dan
|
3.
|
(
)
|
Opsional (boleh ada atau tidak)
|
4.
|
{
}
|
Pengulangan
|
5.
|
[
]
|
Memilih salah satu dari sejumlah
alternatif
|
6.
|
*
*
|
Komentar
|
7.
|
@
|
Identifikasi atribut kunci
|
8.
|
!
|
Pemisah sejumlah alat, pilihan antar
simbol [ ]
|
Tabel
II.1: Simbol kamus data
2.3
Pengertian Sistem Absensi
Absen
adalah tidak bekerjanya seseorang karyawan pada saat hari kerja, karena sakit,
ijin, sakit, alpa atau cuti. Sedangkan Absensi adalah daftar administrasi
ketidakhadiran karyawan (absen) pada suatu perusahaan. Jadi Sistem Informasi
Absensi adalah sistem yang memberikan daftar administrasi seseorang selama
bekerja pada suatu perusahaan.
2.4
Jenis-jenis Sistem Biometric
Biometrik adalah
penerapan metode matematika dan statistika untuk mempelajari biologi.
Jadi sistem biometrik adalah metode penerapan anggota tubuh manusia,
seperti : sidik jari, wajah, retina, lengan, suara dan lain-lain untuk
dijadikan input dalam suatu sistem.
Sistem-sistem
biometric yang sudah tersedia saat ini :
1)
Pengenalan sidik jari
Sistem
ini meliputi sebuah perangkat keras scanner dan perangkat lunak. Merekam
karakteristik sidik jari yang spesifik, menyimpan data tiap-tiap user ke
dalam sebuah template, ketika user mencoba lagi menguatkan akses
maka perangkat lunak akan membandingkan data yang tersimpan pada template
dengan pembacaan sidik jari dari scanner. Sistem sidik jari sangat
akurat tetapi dapat dipengaruhi oleh perubahan-perubahan di dalam sidik jari
(terbakar, bekas luka dan sebagainya), kotoran dan faktor-faktor lain yang
menimbulkan gangguan pada gambar. Beberapa jenis aplikasi yang dapat diterapkan
pada teknologi sidik jari adalah: Police Investment System, Door Access
System, Card Access System, Software Access System, Banking System, Time and
Attendance System, ID Card System dan sistem keamanan yang lain.
Gambar II.3.
Contoh Input Sidik Jari
2)
Pengenalan wajah
Pengenalan bentuk-bentuk dan posisi dari
ciri-ciri wajah seseorang adalah tugas yang kompleks. Pertama sebuah kamera
menangkap gambar dari sebuah wajah dan kemudian software memilah-milah pola
informasi yang selanjutnya dibandingkan dengan template user.
3)
Pengenalan bagian mata
Pola bagian mata adalah rumit, dengan
keanekaragaman dari karakteristik yang unik dari tiap-tiap orang. Sebuah sistem
pengenalan iris menggunakan sebuah kamera video untuk menangkap contoh dan
perangkat lunak membandingkan data hasil dengan template yang disimpan
4)
Pengenalan retina
Dari semua yang paling aman dari bekerjanya sistem
biometric adalah retina, dan lapisan-lapisan pembuluh yang dilokasikan di
belakang mata. Gambar retina sulit untuk ditangkap dan selama pendataan user
harus memusatkan sebuah titik serta mempertahankannya sehingga kamera dapat
melaksanakan penangkapan gambar dengan baik. Hal yang sebenarnya ditentukan
adalah pola dari pembuluh-pembuluh darah. Tetapi ketika pola-pola ini unik pada
tiap-tiap orang, identifikasi dapat menjadi lebih presisi. Sistem yang
didasarkan pada dua bagian mata, iris, dan retina adalah dipertimbangkan untuk
menawarkan tingkat keamanan terbaik.
5)
Geometri lengan
Dengan sistem ini, pengguna meluruskan
lengan menurut petunjuk tanda pada perangkat keras pembaca lengan (reader),
menangkap gambar tiga dimensi dari jari-jari dan tulang kemudian menyimpan data
dalam sebuah template. Geometri lengan telah digunakan selama beberapa
tahun dan dimanfaatkan untuk sistem keamanan pada perlombaan Olympiade 1996.
6)
Geometri jari
Peralatan ini sama untuk sistem-sistem
geometri. Pengguna menempatkan satu atau dua jari di bawah sebuah kamera yang
menangkap bentuk dan panjang wilayah jari serta tulang-tulangnya. Sistem
menangkap gambar tiga dimensi dan mencocokkan data dengan template-template
yang disimpan untuk menentukan identitas.
7)
Pengenalan telapak
tangan
Sama dengan pengenalan sidik jari,
biometric telapak tangan memusatkan pada susunan-susunan yang beragam, misalnya
bagian-bagian tepinya dan bagian-bagian yang tidak berharga yang ditemukan pada
telapak tangan.
8)
Pengenalan suara
Metode ini menangkap suara dari speaker
menurut sifat-sifat bahasa. Penggunaan utamanya adalah aplikasi keamanan
berbasis telepon. Keakurasiannya dapat dipengaruhi oleh hal-hal berikut seperti
suara gaduh dan pengaruh-pengaruh dari penyakit atau kelelahan pada suara. Satu masalah nyata dengan pengenalan suara
adalah sistem dapat dikelabui oleh suara tape dari suara seseorang. Untuk
alasan ini sistem suara lanjutan harus mampu memperluas atau memperpanjang
proses verifikasi dengan memberikan perkataan-perkataan yang lebih sulit dan
panjang, membacanya dengan keras atau meminta sebuah perkataan yang berbeda
yang dibaca setiap waktu.
9)
Pengenalan tanda tangan
Sistem verifikasi tanda tangan
memerlukan satu hal utama yaitu penerimaan masyarakat umum (publik). Di
segala hal dari deklarasi kemerdekaan sampai slip sebuah kartu kredit.
Masyarakat cenderung untuk menerima tanda tangan seseorang sebagai bukti dari
identitasnya. Sebenarnya sistem
pengenalan tanda tangan atau sering disebut dengan sistem verifikasi tanda
tangan dinamis (dynamic signature verification system). Betapa pun
terlihat sederhana sebuah tanda tangan, peralatan mengukur baik ciri-ciri yang
membedakan tanda tangan dan ciri-ciri yang membedakan dari proses penulisan
tanda tangan. Ciri-ciri ini mencakup tekanan pena, kecepatan dan titik-titik
ketika pena diangkat dari kertas.Pola-pola ini ditangkap melalui sebuah pena
yang dirancang khusus atau tablet (bisa juga kedua-duanya) dan dibandingkan
dengan pola-pola template. Permasalahannya adalah tanda tangan kita
berbeda secara berarti dan dari satu contoh ke contoh yang lain, sehingga
keakurasian yang sangat kuat membutuhkan banyak contoh dan sebuah proses
verifikasi lanjutan. Terdapat sistem biometric utama yang sedang dalam
pengembangan, ilmuwan-ilmuwan sedang mengembangkan dan menguji
kemungkinan-kemungkinan terjadinya sistem yang didasarkan pada analisa DNA,
pola-pola pembuluh darah dan bahkan bau tubuh manusia [Sumber : Andi Susilo [
kompas cyber media]]
2.5
Pengertian Oracle System
Oracle
adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi
secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi
yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut:
1.
Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan
tersebar)
2.
Menangani manajemen space dan basis data yang
besar
3.
Mendukung akses data secara simultan
4.
Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi
5.
Menjamin ketersediaan yang terkontrol
6.
Lingkungan yang terreplikasi
Database merupakan salah satu
komponen dalam teknologi informasi yang mutlak diperlukan oleh semua organisasi
yang ingin mempunyai suatu sistem informasi yang terpadu untuk menunjang
kegiatan organisasi demi mencapai tujuannya. Karena pentingnya peran database
dalam sistem informasi, tidaklah mengherankan bahwa terdapat banyak pilihan
software Database Management System (DBMS) dari berbagai vendor baik yang
gratis maupun yang komersial. Beberapa contoh DBMS yang populer adalah MySQL,
MS SQL Server, Oracle, IBM DB/2, dan PostgreSQL.
Oracle merupakan DBMS yang paling
rumit dan paling mahal di dunia, namun banyak orang memiliki kesan yang negatif
terhadap Oracle. Keluhan-keluhan yang mereka lontarkan mengenai Oracle antara
lain adalah terlalu sulit untuk digunakan, terlalu lambat, terlalu mahal, dan
bahkan Oracle dijuluki dengan istilah “ora kelar-kelar” yang berarti “tidak
selesai-selesai” dalam bahasa Jawa. Jika dibandingkan dengan MySQL yang
bersifat gratis, maka Oracle lebih terlihat tidak kompetitif karena berjalan
lebih lambat daripada MySQL meskipun harganya sangat mahal.
Namun yang mereka tidak perhitungkan
adalah bahwa Oracle merupakan DBMS yang dirancang khusus untuk organisasi
berukuran besar, bukan untuk ukuran kecil dan menengah. Kebutuhan organisasi
berukuran besar tidaklah sama dengan organisasi yang kecil atau menengah yang
tidak akan berkembang menjadi besar. Organisasi yang berukuran besar
membutuhkan fleksibilitas dan skalabilitas agar dapat memenuhi tuntutan akan
data dan informasi yang bervolume besar dan terus menerus bertambah besar
[Sumber : http://www.wahyu-winoto.com/DBMS]
BAB
III
ANALISA
SISTEM BERJALAN
3.1.
Umum
Perkembangan
komputer di dunia saat ini begitu pesatnya.
Hal ini juga berdampak sangat berarti di bidang Sistem Analyst (Analis Sistem). Besar dari yang dikerjakan secara
manual, semi otomatis hingga yang otomatis.
Semua itu dapat di lakukan dengan bantuan dari komputer dan tenaga kerja yang
berkompeten di bidangnya.
Karena berdasarkan informasi yang
penulis dapat di dunia teknologi. Saat ini bukan hanya perusahaan yang berskala
besar saja yang memanfaatkan dunia teknologi sebagai sarana pemasaran dan
sistem informasi, namun perusahaan berskala kecil atau suatu organisasi pun
akan memperoleh hasil yang lebih baik jika dapat memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi yang tersedia secara optimal.
Oleh karena itu penulis berusaha
unutk mencoba menganalisa dan mempelajari sistem informasi yang ada di suatu
perusahaan khususnya sistem absensi karyawan di HRD PT SUZUKI INDOMOBIL MOTOR
PLANT TAMBUN II
3.2.
Tinjauan Perusahaan
PT. Suzuki Indomobil Motor
merupakan salah perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia, perusahaan ini
memproduksi kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. PT Suzuki Indomobil
Motor merupakan anak cabang perusahaan dari Suzuki Group yang berpusat di
Jepang, sehingga masih dikontrol secara terpusat oleh Suzuki Group
3.2.1
Sejarah
Perusahaan
PT.
Indomobil Suzuki International (ISI) dirubah menjadi PT. Suzuki Indomobil Motor
(SIM) merupakan sebuah perusahaan penanaman modal asing (PMA) yang berdiri
dengan kekuatan 5 (Lima) buah perusahaan. Perusahaan tersebut adalah sebagai
berikut :
1.
PT. Indohero Steel & Engineering Co.
2.
PT. Indomobil Utama.
3.
PT. Suzuki Indonesia Manufacturing.
4.
PT. Suzuki Engine Industry.
5.
PT. First Chemical Industry.
Lima perusahaan tersebut bergabung
(Merger) dengan persetujuan dari Presiden Republik Indonesia melalui surat
pemberitahuan tentang persetujuan Presiden dari Ketua Badan Koordinasi
Penanaman Modal (BKPN) nomor 05 / I /PMA / 90 tertanggal 1 Januari 1990, dan
diperingati sebagaiberdirinya PT.Suzuki Indomobil Motor, yang bergerak dalam
bidangusahaIndustri Komponen dan Perakitan kendaraan bermotor Merk SUZUKI roda
dua (Sepeda Motor) dan roda empat (Mobil). Lokasi kantor pusat PT. Suzuki
Indomobil Motor berada di Wisma Indomobil di Jalan. MT. Haryono, Kav. 8,
Jakarta Timur Kantor Pusat ini didukung oleh 314 karyawan, sedangkan untuk
lokasi pabriknya tersebar di beberapa tempat, antara lain di Pulogadung,
Cakung, dan di Tambun. Pusat perakitan kendaraan merk SUZUKI dengan jumlah
karyawan ± 4000 orang berkapasitas produksi 100.000 unit mobil dan 1.200.000
unit sepeda motor pertahunya. Pusat perakitannya tersebar di lima penjuru kota
dan terbagi menjadi (Enam) lokasi :
1)
Plant cakung (Perakitan Engine)
2)
Plant Pulogadung (Service & Sales)
3)
Plant Tambun I (Perakitan Motor)
4)
Plant Tambun II (Perakitan Mobil)
5)
Plant Spare Part (Penjualan Suku Cadang
/ Spare Part)
6)
Kantor Pusat (Wisma Indomobil MT. Haryono).
a)
Plant Cakung
Plant Cakung
sebelumnya dikenal dengan
nama PT. Suzuki
Indonesia Manufacturing, PT. Suzuki Engine Industri dan PT. Firt
Chemical Industri berada di jalan raya penggilingan, Cakung, Jakarta
Timur. Berdiri diareal tanah seluas 80.540 M dan didukung oleh ± 634
karyawan. Disini di produksi berbagai macam Komponen dan Part sepeda
motor dan mobil melalui proses: Shearing, Pressing, Welding, Assembling
Engine Bending, buffing, Machining Die Casting, dan lain-lain dengan
menggunakan Teknologi Canggih. Disini pula dirakit berbagai macam
perlatan Transmisi dan Kemudi baik sepeda motor maupun mobil
Indonesia Manufacturing, PT. Suzuki Engine Industri dan PT. Firt
Chemical Industri berada di jalan raya penggilingan, Cakung, Jakarta
Timur. Berdiri diareal tanah seluas 80.540 M dan didukung oleh ± 634
karyawan. Disini di produksi berbagai macam Komponen dan Part sepeda
motor dan mobil melalui proses: Shearing, Pressing, Welding, Assembling
Engine Bending, buffing, Machining Die Casting, dan lain-lain dengan
menggunakan Teknologi Canggih. Disini pula dirakit berbagai macam
perlatan Transmisi dan Kemudi baik sepeda motor maupun mobil
b) Plant
Pulogadung
Plant
pulogadung sebelumnya dikenal dengan nama PT. Indomobil Utama, berada di Jalan
Raya. Bekasi Km.19, Jakarta Timur, berdiri diareal tanah seluas 39.555 M , didukung oleh 98 karyawan. Disini pernah
dirakit berbagai macam kendaraan bermotor roda empat seperti : Carry Extra, Carry Futura, Katana, dan sedan Forsa. Saat ini di Plant
Pulogadung hanya ada beberapa bagian saja, karena Assembling untuk kendaraan
roda empat sebagian besar telah pindah ke Plant Tambun II.
PT. Indomobil Utama pada
awal berdirinya menggunakan nama PT. Suzuki
Indonesia yang didirikan berdasarkan
Akte Notaris No.38 tertanggal 26
Maret 1973 dihadapan Notaris Khairul Bakhri dan disyahkan oleh Menteri kehakiman tanggal 9 Juni 1973, NO.
YA / 5 / 1973, serta di umumkan
dalam berita Negara RI tanggal 7 September 1976 No. 72. Saat ini Plant
Pulogadung dipergunakan sebagai
tempat Service dan
Sales untuk kendaraan Suzuki
R4.
c) Plant
Tambun I
Plant
Tambun I sebelumnya dikenal dengan nama PT. Indohero Steel & Enginering Co.
Berlokasi di jalan raya Diponegoro KM 38,2 Bekasi/ Disini dilakukan proses
produksi dan perakitan berbagai komponen kendaraan roda dua (sepeda motor) merk
Suzuki, dan di sinilah lahir berbagai type motor Suzuki.
d) Plant
Tambun II
Plant Tambun II merupakan
proyek baru khusus untuk kendaraan roda empat
Suzuki. Disini dilakukan
pengepressan, pengelasan, pengecetan, serta perakitan kendaraan roda empat
dalam jajaran Suzuki, dengan
menggunakan berbagai perlatan
Tekhnologi Tinggi, dan
yang terbesar di Asia Tenggara untuk
saat ini.
Plant
Tambun II berdiri diarea tanah seluas 130.000 M2, dengan
luas bangunan seluas 35.585 M2, dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak ± 1424 orang. Plant Tambun II diresmikan pada tanggal 14 Mei 1991 oleh Menteri Perindustrian RI (pada saat itu) Bp. Ir. Hartarto.
luas bangunan seluas 35.585 M2, dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak ± 1424 orang. Plant Tambun II diresmikan pada tanggal 14 Mei 1991 oleh Menteri Perindustrian RI (pada saat itu) Bp. Ir. Hartarto.
e) Plant
Spare Part
Guna
memberikan pelayanan purna jual bagi pemilik kendaraan
bermotor merk Suzuki Roda 4 maupun Roda 2, PT. Indomobil Suzuki
International memindahkan tempat penyedian suku cadang dari Plant Sunter ke spare part yang berlokasi di Jl. P. Diponegoro Km. 38,2 Tambun
- Bekasi (J;. Toyo Giri). Disana tersedia berbagai suku cadang asli untuk
kendaraan bermotor merk Suzuki, serta menjual berbagai souvenir Suzuki.
bermotor merk Suzuki Roda 4 maupun Roda 2, PT. Indomobil Suzuki
International memindahkan tempat penyedian suku cadang dari Plant Sunter ke spare part yang berlokasi di Jl. P. Diponegoro Km. 38,2 Tambun
- Bekasi (J;. Toyo Giri). Disana tersedia berbagai suku cadang asli untuk
kendaraan bermotor merk Suzuki, serta menjual berbagai souvenir Suzuki.
3.2.2
Struktur
Organisasi
PT. Suzuki Indomobil menganut
struktur organisasi fungsional yang terpusat, dimana setiap fungsional
bertanggung jawab atas 3 fungsi besar yaitu produksi, pemasaran, serta keuangan
dan administrasi. Kewenangan tertinggi berada pada Executive Board yang
terdiri dari wakil – wakil Share Holder dibantu oleh beberapa Managering
Director. Jabatan tertinggi dalam directorat dipegang oleh Managering
Director yang membawahi para Director, para Director membawahi
General Manager dan seterusnya sampai ke Assistant Manager, Super
Visor, Foreman Worker. Untuk mengambil sesuatu keputusan, maka managemen
membentuk Executive Board ini yang terdiri dari 6 orang, dengan
komposisi 5 orang pihak Jepang dan 1 orang pihak Indonesia. Executive Board ini
juga menentukan arah dan tujuan organisasi dengan rencana jangka pendek (1
tahun), jangka menengah (5 tahun) dan jangka panjang di atas (5 tahun).
Uraian tugas, tanggung jawab dan
wewenang dari masing – masing fungsi adalah sebagai berikut :
1. Produksi
Bertugas
membuat perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi dari semua kegiatan
produksi serta standar mutu yang telah di terapkan dari bahan baku sampai
kebahan jadi, baik bahan yang diimpor maupun yang dibeli lokal.
2. Pemasaran
Bertugas
membuat perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan pengembangan produk
yang akan dipasarkan serta mempersiapkan pelayanan purna jual kepada pelanggan
berupa promosi, discount, service, spare part, dan menghitung adanya ancaman
dan peluang dari pesaing.
3.
Keuangan
dan Administrasi
Bertugas
melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan pencatatan, pengendalian dan
pengawasan arus masuk dan keluar keuangan perusahaan baik jangka pendek maupun
jangka panjang. Pengaturan sumber daya manusia mulai perencanaan, penarikan,
penempatan,pengembangan, kompensasi serta pemutusan hubungan kerja. Disamping
hal tersebut di atas juga mengelola dan mengawasi semua aset perusahaan.
Dari hasil pengamatan penulis, Struktur Organisasi
di PT. Suzuki Indomobil Motor , dapat di gambarkan sebagai berikut
STRUKTUR
ORGANISASI
PT.
SUZUKI INDOMOBIL MOTOR
Gambar.III.1
Struktur Organisasai PT. SIM
3.2.3
Diskripsi
Kerja.
Peraturan kerja di PT SUZUKI INDOMOBIL
MOTOR dibuat berdasarkan kesepakatan antara perwakilan Serikat pekerja yang ada
di perusahaan yang berada di bawah organisasi FSPMI (Federasi Serikat Pekerja
Metal Indonesia) dengan perwakilan pihak Manajemen Perusahaan yang dalam hal
ini disaksikan oleh perwakilan DISNAKER (Dinas Tenaga Kerja) setempat, yang
kemudian dilegalkan dalam bentuk sebuah perjanjian yang berjudul Perjanjian
Kerja Bersama (PKB).
Di dalam PKB berisi tentang
peraturan-peraturan yang ada di dalam Perusahaan, salah satu di antaranya
adalah peraturan yang mengenai Absensi Karyawan.seperti yang telah kami kutip
sebagai berikut ;
BAB
IV
WAKTU
KERJA
Pasal
19
HARI KERJA DAN JAM KERJA
Ayat
1
“ Hari kerja dan jam kerja disesuaikan dengan
peraturan perundangan yang berlaku. “
Ayat
2
“Hari kerja normal ialah senin s/d
jumat atau 5 (lima) hari dalam seminggu, kecuali salah satu hari tersebut
berdasarkan ketetapan Pemerintah dinyatakan sebagai hari libur resmi.”
Ayat 3
“Perusahaan melaksanakan jam kerja
shift menurut ketentuan sebagai berikut” :
Shift
|
Jam Kerja
|
I
|
8 Jam/Hari atau 40
jam/Minggu
|
II
|
8 Jam/Hari atau 40
jam/Minggu
|
III
|
7 Jam/Hari atau 35
jam/Minggu
|
Tabel.III.1 Jam
kerja PT.SIM
{Sumber PKB PT.
SIM}
Ayat
4
“Jam Kerja dan istirahat sebagai
pelaksana pasal 19 ayat 1 dan 2 diatur sebagai berikut :”
Shift
I:
Senin s/d Kamis : 07.30-16.30
Istirahat : 12.00-12.40
Jum’at : 07.30-16.30
Istirahat : 11.25-12.55
Shift II:
Senin s/d Jum’at : 16.30-01.10
Istirahat : 19.00-19.30
Shift III:
Senin s/d Jum’at : 23.50-07.30
Istirahat :
03.30-04.00
[Sumber
: HRD [ PKB] PT. Suzuki Indomobil Motor]
1)
Exboard yaitu
pemilik atau pemegang
saham tertinggi sekaligus sebagai kepemimpinan pada PT. Indomobil Suzuki
Internasional.
2)
President, yaitu
yang menjabat sebagai
wakil darri pemilik dari perusahan
tersebut atau beliau yang di tugaskan untuk menjalankan lajunya perusahaan tersebut.
President ini membawahi beberapa bagian
sebagai berikut :
A.
Finance
& Administration,
yaitu bagian
yang berhubungan dengan keuangan
dan administrasi perusahaan serta
mengkoordinir dan mengarahkan
semua kegiatan pada bagian tersebut dan membawahi empat bagian sebagai berikut
:
q HRD & GA, Human Research Development and
General Affair yang mengatur
tentang perkembangan keadaan karyawan-karyawannya.
q Accounting
bagian yang membuat pembukuan keuangan pada
PT.Suzuki Indomobil Motor.
q Finance
CCD & CBU,
bagian yang mengatur
keuangan untuk pembelian komponen dari luar dan kedalam
negeri.
q IT System, yang mengatur sistem informasi pada PT.Suzuki Indomobil Motor.
B.
Marketing 2W & 4W
yaitu bagian yang mengatur tentang pemasaran
kendaraan roda dua dan roda empat.
q Marketing 4W, yaitu bagian pemasaran untuk
kendaraan roda empat.
q Marketing 2W, yaitu bagian pemasaran untuk
kendaraan roda dua.
Spare part, yaitu bagian yang membuat atau merancang dan mengatur komponen - komponen mobil dan motor.
Spare part, yaitu bagian yang membuat atau merancang dan mengatur komponen - komponen mobil dan motor.
q Service and Quality Assurance, yaitu bagian
yang mengawasi kualitas dari produk yang dibuat dan lolos dari Inspection
kemudian diperiksa kembali
atau di audit untuk jaminan apakah barang tersebut layak jalan untuk konsumen.
C.
Production and Engineering
q Production 2W, yaitu yang mengatur dan membuat
suatu perencanaan produksi, bagian kendaraan roda dua.
q Production 4W, yaitu yang mengatur dan
membuat suatu perencanaan produksi, bagian kendaraan roda empat.
q Production Engine and Transmission, yaitu bagian
yang membuat layout,
membuat perencanaan dan sistem kerja.
q Production Engineering 2W, bagian yang
berhubungan dengan mesin - mesin
untuk produksi (Jig and Dies) kendaraan
roda dua yang digunakan perusahaan.
q Production Engineering 4W, bagian yang
berhubungan dengan mesin - mesin
untuk produksi (Jig and Dies) kendaraan roda empat yang digunakan perusahaan.
q Production
Engineering Engine and
Transmission, bagian yang berhubungan dengan mesin - mesin
produksi Engine dan Transmisi yang digunakan perusahaan.
q PDL
q PPC & PMC, Production Planning Control
and Production Material Control bagian -
bagian yang mengawasi atau mengontrol jalannya produksi dan mengontrol setiap
pergantian material.
q Procurment, bagian yang bertugas untuk
membeli material – material produksi.
q Inspection, bagian yang bertugas untuk
mengawasi atau mengontrol kualitas produksi roda dua dan roda empat.
q Vave
/ Kaizen /
Safety, bagian yang
mengawasi atau mengontrol keselamatan kerja karyawan.
q ISO
Project bagian yang menangani untuk
jaminan kualitas mutu dalam produksi dan instalasi.
3.3.
Prosedur Sistem Berjalan
Diperusahaan ini menggunakan sistem
absensi dengan cara digesek dan komponen yang digunakan berupa ID Card dan
mesin gesek. ID Card wajib dimiliki dan
dibawa oleh setiap karyawan kontrak maupun karyawan tetap sebelum melakukan
aktifitas kerja.
1. Karyawan
di Perusahaan ini mulai masuk kerja
pada pukul 07:30. Sebelum memulai kerja karyawan diwajibkan melakukan absensi
di tempat dan mesin yang ditentukan sesuai dengan departemen masing-masing. Begitu pula saat karyawan pulang diwajibkan melakukan absensi
kembali pada pukul 16:30.
2. Staff
Personila juga mengecheck file absen karyawan setiap harinya,, dan itu
dilakukan sekali pada waktu pagi hari, data yang di check antara lain daftar
karyawan yang masuk kerja, jam masuk
dan jam keluar dan juga mencatat daftar karyawan yang tidak masuk kerja
3. Staff
Personalia mengecek dan melakukan rekap absensi karyawan setiap periode akhir
bulan, yang telah terotomatisasi oleh sistem absensi di Perusahaan ini.
Jadi sistem absensi di PT. SUZUKI
INDOMOBIL MOTOR telah menggunakan komputerisasi, yang mana pengimputan datanya
telah menggunakan sistem otomatis.
3.4.
Diagram Alir Data (DAD)
q Diagram konteks
Diagram Konteks (Contex Diagram)
merupakan bagian dari DFD level atas
atau DFD level 0 yang hanya terdiri dari
satu proses yang menggambarkan sistem secara keseluruhan. Berikut adalah gambar diagram kontek Sistem
Informasi Absensi karyawan outsourcing yang sedang berjalan di PT. SUZUKI
INDOMOBIL MOTOR
Gambar III.2 Diagram
Konteks Absensi yang sedang berjalan
pada gambar
Diagram Kontek Yang sedang berjalan menjelaskan bahwa terdapat tiga
entitas yang mendukung dalam proses sistem informasi absensi, yaitu :
1.
Karyawan
2.
HRD
3.
Payroll
Gambar III.3 DFD Level 1 Sistem Informasi Absensi
Pada
gambar DFD Level1 ini menjelaskan
beberapa proses dalam proses sistem informasi absensi yaitu :
- Proses input data karyawan
- Proses absensi
- Proses Cetak laporan
Gambar III.4 DFD Level 2
Proses Absensi Karyawan
DFD Level2 dibuat
berdasarkan proses yang dilakukan dalam DFD Level1, dimana menjelaskan beberapa
proses yaitu :
1. Proses
Absensi Harian
2. Proses
Hitungan Izin
3. Proses
Hitungan Lembur
3.5.
Kamus
Data
Kamus Data dari sistem informasi
absensi yang dibuat berdasarkan arus data yang mengalir pada Data Flow Diagram
(DFD), maka dibuat kedalam kamus data sistem informasi absensi. Uraian mengenai
kamus data pada sistem informasi absensi adalah sebagai berikut
Nama arus data : ID Card (Barcode)
Bentuk data : Data
Jalur/ urutan proses : - dari karyawan ke proses 1.0
- dari
proses 1.0 konfirmasi ke karyawan
- dari
proses 1.0 ke proses 2.0
Struktur
data : ID Card
Nama
arus data : Data karyawan
Bentuk
data : Data karyawan dan ID Card
Jalur/urutan
proses : - dari data karyawan ke
proses 1.0
- dari data karyawan ke proses 3.0
- dari
arsip izin ke proses 2.1
- dari proses 2.1 ke file absen
- dari arsip lembur ke proses 2.2
- dari proses 2.2 ke file absen
Sruktur
data : ID Card
Nama
arus data : Data absensi
Bentuk
data : Data absensi dan ID Card
Jalur/urutan proses : - dari
proses 2.0 ke file absen
-
dari file absensi ke proses 3.0
-
dari proses 2.1 ke file absen
- dari proses 2.2 ke file absen
Struktur
data : ID Card
Nama arus data : Laporan data absensi untuk di ACC
Bentuk data : Laporan tercetak & Soft
Copy
Jalur/urutan proses : dari
proses 3.0 ke Kepala SDM
Struktur data : File rekap
Nama arus data : laporan absensi yang sudah di acc.
Bentuk data : laporan tercetak & Soft
Copy
Jalur/urutan proses : dari
proses 3.0 ke PAYROLL
Struktur data : File rekap
3.6.
SpesifikasiSistem
Berjalan
Dalam spesifikasi sistem berjalan
ini sangat diperlukan suatu dokumen untuk pemrosesan data. Adapun
dokumen-dokume yang ada dalam sistem
absensi karyawan PT. Suzuki Indomobil Motor adalah :
·
Nama Dokumen : Permohonan
Cuti Panjang
Fungsi :
Pengajuan melakukan cuti panjang
Sumber :
Arsip Absensi
Tujuan : Section
Had-Dept.Head-HRD Lokasi
Media :
Kertas Cetakan
Jumlah :
Satu Lembar
Frekuensi :
Setiap akan melakukan cuti panjang
Bentuk :
Lihat Lampiran A.1
·
Nama Dokumen : Permohonan
Cuti
Fungsi :
Pengajuan melakukan cuti /tidak hadir
Sumber :
Arsip Absensi
Tujuan :
Section Head-Admin
Media :
Kertas Cetakan
Jumlah :
Satu Lembar
Frekuensi :
Setiap akan melakukan cuti/tidak hadir
Bentuk :
Lihat Lampiran A.2
·
Nama Dokumen : Surat
Izin
Fungsi :
izin dengan alasan tertentu
Sumber :
Arsip Absensi
Tujuan :
Atasan langsung-HRD
Media :
Kertas Cetakan
Jumlah :
Satu Lembar
Frekuensi :
Setiap akan melakukan cuti/tidak hadir
Bentuk :
Lihat Lampiran A.3
3.7.
Spesifikasi Sistem Komputer
Perangkat keras dan perangkat lunak
pendukung yang digunakan dalam menjalankan aplikasi sistem absensi di PT.Suzuki
Indomobil Motor menggunakan spesifikasi komputer yang terdiri dari perangkat
keras dan lunak yang digunakan diantaranya
Ø Hardware
-
Prosesor :
IP E2140 2.6GHz
-
RAM : 1.5 GB
-
Port kabel alat scan Barcode : USB Port
-
Hardisk : 160GB
-
Monitor : 15” SVGA
-
Alat Scan Barcode : Scancode Maxima
Ø Software
-
Aplikasi :
Driver Scaner Barcode
-
Sistem Operasi : Windows
XP Profesinal
-
Data base : Microsoft
Access
-
Basis Data : Oracle Sistem
3.8.
Permasalahan Pokok
Sistem
absensi karyawan outsourcing di PT. Suzuki Indomobil Motor berjalan dengan
baik, akan tetapi penulis masih menemukan permasalahan-permasalahannya, antara
lain
1.
Karyawan dapat
menitipkan kartu absensi (ID Card) ini kepada karyawan lain saat proses absensi
berlangsung.
2.
Kartu absensi (ID
Card ) nya masih sangat sederhana,dan mudah rusak
3.
Masih sering nya
human eror, dikarenakan karyawan yang lupa melakukan absensi
4.
Masih sering
terjadi penumpukan data yang diakbatkan karena, karyawan melakukan absensi
hanya pada satu mesin yang ada, padahal perusahaan ini telah mempunyai beberapa
mesin absen yang tersebar di berbagai titik dan disesuaiakan dengan departmenya
masing-masing
3.9.
Alternatif
Pemecahan masalh
Dengan adanya permasalah
tersebut , maka penulis membuat alternatif pemecahan masalah yakni seharusnya sistem
absensi dilengkapi dengan finger print tidak hanya Scan ID Card saja, agar data
absensi lebih akurat, dan menghilangkan, transaksi penitipan ID card pada
karyawan lain.
BAB
IV
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
Pada umunya sistem absensi karyawan (outsourcing) di PT. Suzuki Indomobil Motor
sudah berjalan secara baik, yang mana berjalan dengan Oracle System. Akan
tetapi di sini penulis masih menemukan kekurangan dari sistem ini, adapun hal
ini dapat menimbulkan beberapa masalah yang akan dihadapi, diantaranya :
1.
Karyawan dapat menitipkan kartu absensi
karyawan yang satu kepada karyawan yang lain yang tidak sesuai dengan peraturan
yang ada, dan bila hal ini ditemukan dapat mengakibatkan karyawan yang
bersangkutan terkena sanksi sesuai dengan kesepakatan perjanjian kerja bersama
(PKB).
2.
Kartu absensi (barcode) yang mudah
rusak dikarnakan dari bahan plastik.
3.
Data yang sering tidak terbaca(record) karena kelalaian karyawan seperti
tidak membawa kartu absen.
4.
Masih sering terjadi penumpukan data yang diakibatkan karena karyawan
melakukan absensi pada satu mesin yang ada, sedangkan perusahaan ini mempunyai
beberapa mesin absen yang tersebar di berbagai titik disesuaikan dengan
Departemennya masing-masing.
5.2. Saran
Dari kekurangan kesimpulan yang kami
buat, kami memberi saran dan masukan untuk PT SUZUKI khusunya Adm.Dept. HRD di antaranya
1. Sistem absensi dilengkapi dengan finger print tidak hanya
Scan ID Card saja, agar data absensi lebih akurat, dan menghilangkan, transaksi
penitipan ID card pada karyawan lain
2.
Untuk Kartu
Absensi yang ada dapat kami sarankan untuk menggantinya dengan bahan PVC
Card yang mirip kartu ATM (Automatic
Technology Machine).
3.
Adanya kelalaian
dari karyawan yang menghambat proses penginputan data absen masih menjadi
masalah yang harus dicermati. Dengan lebih menegakkan kedisiplinan dan
peraturan salah satunya menambah pasal didalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB)
berupa sanksi yang dapat diberlakukan jika karyawan melakukan kelalaian seperti
tidak membawa kartu atau tidak melakukan absen.
4.
Agar mulai
memberlakukan sistem absensi kepada karyawan sesuai dengan departemennya
masing-masing, dengan cara mengunci akses data masing-masing karyawan pada satu
mesin saja. Sehingga karyawan hanya bisa melakukan absensi pada mesin absen
yang ada di Departemennya sendiri.
DAFTAR
PUSTAKA
Human
Resource Department,2009,Perjanjian Kerja Bersama,Bekasi : PT.Suzuki Indomobil Motor
HM,Jogianto, 2003,
Sistem Teknologi
Informasi Yogyakarta : Andi Offset.
HM,Jogianto, 1995,
Analisis dan Desain
Sistem Informasi Yogyakarta : Andi Offset.
HM,Jogianto, 1990, Sistem dan Desain Sistem
Informasi,Yogyakarta : Andi Offset.
Sachari,Agus
dkk, 1998, Kamus
Desain,Bandung : Institut Teknologi Bandung.
Jerry, FG, dkk,
1981, Fundamental Of Systems Analisis,
New York : JW
& Sons.
Fathansyah, Ir, 2001, Basis Data, Bandung : CV
Informatika.
Wahyu Winoto, 2012, Pengertian,
Fungsi dan Komponen DBMS , Diambil dari : http://www.wahyu-winoto.com/2012/04/pengertian-fungsi-dankomponen-dalam.html ( 30 November 2012)
DAFTAR
RIWAYAT HIDUP
A.
Biodata
Mahasiswa
Nama :
ANDIYANTO
Tempat
& tgl lahir : Klaten, 03 Juli
1991
Jenis
kelamin : Laki-laki
Umur : 21th
Status : Belum menikah
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Bojong
Menteng 004/006, Bojong Menteng, Rawalumbu, Bekasi
Hp,
e-mail : 081 5837 3745, maseandi77@yahoo.com
B.
Riwayat
Pendidikan
1991-2003 :
SD N 2 Kadilanggon
2003-2006 :
SMP N 1 Wedi
2006-2009 :
SMK Kristen 5 Klaten (Teknik Komputer & Jaringan)
2009 :
LPK Bimantara ( Program Teknisi Komputer)
C.
Riwayat
Pengalaman Kerja Dan Borganisasi
-
19
Oktober 2009-Sekarang : (Warehouse
Staff) PT.Balina Agung Perkasa
-
2006-2009
Sekretaris Karang Taruna Desa Jogoprayan, Gantiwarno, Klaten
-
2011-Sekarang
Anggota Paguyuban Warga Klaten Di Jabodetabek
|
|
LAMPIRAN
A.1
LAMPIRAN
A.2
LAMPIRAN
B.1
LAMPIRAN
B.2
LAMPIRAN
B.3
mas saya boleh minta softcopynya.?
BalasHapusass. mas saya juga boleh mnt softcopynya :D
BalasHapuskalau boleh saya tunggu info secepatnya ya mas terima kasih :D
minta atuh soft copynya butuh bangett akuuu :(
BalasHapusasssoft copynya dong.lagi butuh bngt
BalasHapusass,,, boleh ga minta soft copynya.?
BalasHapussoalnya lg butuh bangat.
mass saya minta soft copynya yah
BalasHapusmas aku boleh minta softcoppy nya gg
BalasHapusboleh minta papernya ya....????
BalasHapuskalau bisa kirimlah di email aku email : zhaythynuz@gmail.com
sebelumnya makasih.
The Best Slots | Casino Roll
BalasHapusThe best slots at Casino 바카라 사이트 Roll. If you love table games, to play blackjack, you have to bet twice for https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ the dealer งานออนไลน์ to win. goyangfc.com The dealer must